Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/islamnuprob/public_html/config/koneksi.php on line 12
Demi Tingkatkan Peran Dakwah, Penyuluh Agama Bekerjasama Dengan TV Lokal

Demi Tingkatkan Peran Dakwah, Penyuluh Agama Bekerjasama Dengan TV Lokal

Keterangan Foto :

Kab. Probolinggo (IslamNu) Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan maghfirah, di mana pada bulan tersebut Allah Swt limpahkan segala rahmat dan maghfirahnya kepada seluruh umat muslim di seantero jagat. Bahkan di penghujung sepuluh hari terakhir Allah akan menyelamatkan umat muslim dari jilatan api neraka. (9/6).

Untuk memanfaatkan hal tersebut Pokjaluh Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo berinisiatif memakmurkan bulan suci tersebut dengan meningkatkan kegiatan dakwahnya dengan berbagai hal positif. Ada beberapa agenda antara lain; melaksanakan Tadarrus Ramadhan, Kajian Dzuhur dan Kultus setiap hari Senin hingga Kamis setiap minggunya. Bahkan ada yang menarik dengan melakukan kerjasama dengan Baznas Kabupaten Probolinggo, ketepakan salah satu penyuluh agama Kementerian Agama ada yang aktif di Baznas bagian pendistribusian bantuan tersebut.

Berbeda dengan apa yang dilakukan oleh H. Samsul Huda, salah seorang penyuluh agama yang bertugas di Kecamatan Dringu melakukan kerjasama dengan TV Lokal untuk melakukan dakwah melalui media Televisi dengan maksud dan tujuan agar bisa memanfaatkan media informasi sehingga harapannya masyarakat yang tidak sempat mengikuti kegiatan penyuluhan reguler bisa mendapatkan siraman rohani keagamaan melalui media telivisi yang ada sesuai hasil wawancara Mas Huda dengan Mbak Tini salah seorang Reporter ProTv.

Di mulai pada Romadlon tahun ini, 2016 M / 1437 H. Penyuluh Agama Dringu ini menggandeng TV lokal  mengadakan kultum untuk masyarakat kota dan Kabupaten  Probolinggo.

Ketika dimintai keterangan beliau berharap “Semoga kegiatan ini aan memberikan manfaat bagi masyarakat luas”, tandasnya.

Sedangkan materi yang akan disampaikan meliputi tiga hal; pertama “menjaga kesucian hati”, kedua “menjaga sholat berjamaah”, ketiga “adab masuk masjid”.

Tayangan 10 hari pertama, Kesucian hati merupakan modal keberhasilan dalam mnjalankan ibadah romadlon. Ada 4 hal yang menjadi penyebab hati menjadi gelap; 1. Perut yangg terlalu kenyang. 2. Berteman dengan orang yang dholim. 3. Sering melupakan dosa yang telah dilakukan. 4. Banyak berkhayal.

Sementara yang menjadi penyebab hati kita menjadi mati, dipengaruhi beberapa hal, antara lain; 1. Mengenal Alloh tapi tidak melaksanakan hak-Nya. 2. Suka baca Kitab Alloh tapi tidak mengamalkannya. 3. Mengetahui iblis itu musuh tapi mengikuti perintahnya.

Hikmah menjaga waktu sholat akan tayang 10 hari kedua. Siapa yang mampu menjaga sholatnya, maka ia akan mendapatkan; 1. Dia Dicintai Alloh. 2. Badan akan selalu sehat. 3. Keberadaannya selalu dijaga malaikat 4. Rumahnya dituruni berkah oleh Alloh Swt.

Dan tayangan 10 hari ketiga, “Adab masuk masjid”. Disarankan bagi siapa saja yang akan memasuki masjid, 1. dalam keadaan suci. 2. menutup aurat. 3. mendahulukan kaki kanan dengan berdoa, dan jika mau keluar masjid mendahulukan kaki kiri. 4. Bila masuk masjid lakukan sholat tahiyatalmasjid. Begitu kita-kira yang akan menjadi kupasan kultum Ramadhan yang akan tayang di salah satu TV lokal tersebut, semoga ada hikmah dan manfaat, amin. (Mp).

Berita Terkait